Resep Cara Membuat Bola-Bola Rambutan Supermie

Halo bunda, kali ini saya ingin berbagi salah satu resep yang lagi viral saat ini yakni Resep Bola Bola Rambutan Supermie. Mungkin resep ini sudah banyak yang buat dan dibagikan di sosial media, namun tak ada salahnya jika resep saya bagikan lagi dengan cara pembuatannya agak berbeda dengan lainnya. Oke, langsung saja kita praktekkan.

Resep Cara Membuat Bola-Bola Rambutan Supermie

Bahan-Bahan Bola-Bola Rambutan Supermie:

  • 1 Bungkus Supermie
  • 5 Buah Tahu Putih
  • 1 Batang Daun Bawang
  • 1 Butir Telur
  • Garam Secukupnya

Cara Membuat Bola-Bola Rambutan Mie

  1. Hal yang pertama dilakukan dengan mencampurkan telur bersama bumbu mie instan lalu iris tipis daun bawang dan masukkan, aduk kembali hingga tercampur rata. 
  2. Masukkan tahu yang sudah dihancurkan sebelumnya dan tambahkan garam secukupnya. Lalu aduk kembali. 
  3. Siapkan supermie dalam keadaan sudah hancur dan ditaruh di atas piring.
  4. Adonan tahu yang sudah kalian buat dibentuk menjadi bulat-bulat lalu glindikan diatas tumpukan supermie yang sudah hancur tadi.
  5. Lalu goreng adonan bola-bola rambutan tersebut diatas minyak yang panas. Bolak balik hingga bola-bola rambutan matang.
Dan resep bola bola rambutan supermi tahu siap disajikan. Resep ini dapat disantap dengan nasi hangat atau hanya sekedar cemilan ditambah dengan sambal kemasan. Nah, bagaimana sangat mudahkan cara bikin bola-bola rambutan ini? Sekarang tinggal kalian untuk mencobanya dirumah masing-masing.

Cara Membuat Cumi Asin Sambal Bawang

Cumi Asin Sambal Bawang, Berbicara  tentang cumi pasti banyak hal yang bisa kita bayangkan, mulai dari kegurihan cumi itu sendiri, dan yang membuat penasaran kali ini cuminya akan diolah menjadi suatu masakan apa yah?. Nah kali ini kita akan membuat cumi asin masakan rumahan yang sangat menggiurakan. Berikut adalah resepnya


Bahan:

  • 500 gr cumi asin 
  • 250 gr cabe rawit 
  • 250 gr cabe kriting 
  • 15 siung bawang merah 
  • 8 siung bawang putih 
  • 200 ml minyak goreng 
  • 2 lembar daun salam 
  • 2 batang serai 
  • 3 lembar daun jeruk 
  • Gula pasir secukup nya (tidak usah pake garam karna asin nya uda dari cumi) 

Cara Membuat : 

  1. Rendam cumi dengan air panas, goreng sebentar, lalu tiriskan 
  2. Goreng sebentar cabe,bawang merah dan bawang putih,kemudian Ulek semua bumbu kecuali daun salam,daun jeruk dan serai. 
  3. Goreng bumbu,daun salam ,daun jeruk dan serai sampe harum, lalu tambah kan gula dan air secukup nya 
  4. Masukan cumi,aduk2 sebentar,angkat Sajikan.
Resep by  By @febrianaituayyu 

Resep Bolu Singkong 3 warna Yang Simple

Singkong merupakan salah satu makanan pangan yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Adapun kali ini kita akan mengolah singkong menjadi bolu yang empuk, enak dan lembut. Bolu singkong ini bisa anda sajikan untuk keluarga anda sebagai teman meminum kopi, atau teh. Untuk membuatnya anda bisa intip resepnya dibawah ini yah bunda.


Bahan : 

  • 1 kg singkong, parut peras airnya lalu hancurkan dengan garpu agar terurai 
  • 5 butir telur 
  • 200 gr gula pasir 
  • 1 sdt SP 
  • 50 gr tepung terigu 
  • 100 ml santan 
  • 100 gr margarin, cairkan 
  • 1 sdt vanili 
  • Pewarna makanan secukupnya ,saya pakai 3 warna : kuning,merah muda dan coklat 

Cara Membuat : 

  1. Kocok telur, gula pasir dan SP sampai putih kental dan mengembang. Masukkan vanili, kocok rata. 
  2. Turunkan ke speed rendah, masukkan singkong sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga rata. Masukkan tepung kocok hingga rata. Matikan mixer. 
  3. Masukkan santan, aduk rata dengan spatula. Masukkan margarin cair aduk balik hingga rata. 
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian beri masing2 pewarna merah,kuning dan coklat secukupnya, aduk rata. 
  5. Tuang masing2 adonan warna 2 sdm selang seling di loyang yg telah diolesi margarin. 
  6. Kukus dalam dandang yg telah dipanaskan dan beruap banyak selama 35 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan keluarkan dari loyang lalu potong2. . 

Note : - singkong harus diperas supaya bebas air dan bolu tidak bantet. - lapisi tutup kukusan dgn kain/serbet supaya air tidak menetes di kue.

Cara Membuat Bakso Daging Yang Kenyal

Bakso adalah makanan yang banyak digemari orang, mulai dari kalangan atas, menengah maupun bawah. Bakso yang banyak digemari salah satunya kenyal dan padat. Nah kali ini kami akan membagikan resep bakso yang mudah dan simple untuk anda praktekkan.

Untuk membuatnya anda harus pastikan bahwa  bahan-bahan yang akan anda gunakan tersedia. Berikut bahan yang dibutuhkan dalam membuat bakso kenyal ini.



Bahan : 

  • 1 kg daging giling segar 
  • 5 putih telur 
  • 8-10 siung bawang putih , goreng , haluskan (kalo lagi malas biasanya saya pakai garlic powder/bawang putih bubuk). 
  • 5 sdm bawang merah goreng 
  • 2 sdm garam 
  • 1 sdt gula pasir 
  • 1/2 sdt baking powder (boleh di skip) ga pake biasanya juga udah kenyal dari pemakaian putih telurnya. 
  • 1 sdt merica 
  • 100 gr tapioka (gluten free), kalo pake tapioka biasa takarannya 200 gr. . (saya pake 100 grm tepung maizena + 50 gram tepung tapioka) 

Noted : Daging dan telur dlm keadaan dingin, karna saya blm pernah memakai es. Kalo mau pakai es silahkan ya, di sesuaikan saja esnya.

Cara membuat : 

  1. Campur daging dengan putih telur, uleni pakai tangan / menggunakan blender daging sampai tercampur rata, masukkan garam, merica, bawang putih, bawang merah goreng, gula pasir. 
  2. Giling kembali dengan blender daging atau uleni dengan tangan sekitar 15 menit. Masukkan tapioca & baking powder. 
  3. Uleni / giling kembali hingga benar2 halus & lembut . Setelah itu diamkan adonan di kulkas bawah selama 15 menit. 
  4. Sambil menuggu adonan di diamkan , siapkan panci berisi air , didihkan air. Setelah mendidih, matikan api . Bisa juga pakai api yang kecil agar air jangan sampai mendidih atau bergolak , cukup hanya panas saja . 
  5. Ambil segenggam adonan bakso , isi bakso sesuai selera , kemudian kepalkan di tangan dan tekan jemari hingga adonan keluar dari sela ibu jari dan telunjuk , kemudian ambil bulatan adonan dengan sendok dan masukkan ke dalam air panas dalam panci. Lakukan hingga adonan habis. Biarkan bakso sampai mengapung.

Bakso daging Oleh @altaweem 
Resep by @thyaskitchen 

Resep Ayam Goreng Cabe Hijau Yang Mudah

Malam bunda kali ini saya akan membagikan resepayam goreng cabe ijo yang bisa anda praktekkan di rumah. Adapun bahan yang digunakan sangat mudah untuk anda dapatkan. Nah untuk membuat menu yang satu ini silahkan siapkan bahan yang tertera dibawah ini.


Bahan: 

  • 1 ekor ayam (ungkep terlebih dahulu ayam dengan ketumbar + bawang putih + kunyit + garam yg sudah dihaluskan atau bisa jg dgn bumbu racik instan) 
  • 4 lbr daun jeruk, buang tulangnya 
  • 4 cm lengkuas, geprek 
  • 3 lbr daun salam 
  • 2-3 btg serai, geprek 
  • 1 sdt merica bubuk 
  • Garam 
  • Gula 
  • 1/2 gelas air 

Bumbu halus: 

  • 7 siung bawang merah 
  • 5 siung bawang putih 
  •  4 cm jahe 

Bumbu tumbuk kasar: 

  • 20 biji cabe rawit hijau, sesuai selera 
  • 10 biji cabe hijau besar 

Cara Membuatnya : 

  1. Ungkep ayam dgn ketumbar, bawang putih, kunyit dan garam yg sudah dihaluskan, setelah air menyusut dan ayam sudah empuk, angkat dan goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Sisihkan. 
  2. Tumis bumbu halus dan bumbu tumbuk bersama serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas sampai harum dan tidak bau langu. 
  3. Masukkan air, lalu biarkan mendidih. Beri merica, gula dan garam, tunggu hingga air menyusut, koreksi rasa, kemudian campurkan ayam yg sudah digoreng tadi ke dalam wajan. Aduk ayam dgn bumbu hingga tercampur rata. Setelah itu angkat dan sajikan.
Resep By reystafauzia.

Resep Cara Membuat Dendeng Cabe Rawit Yang Yummy

Dendeng cabe rawit sangat yummy disantap dengan sepiring nasi hangat. Hmmm ngak kebayangan rasanya gimana, rasanya pengin nambah terus hehehe... Nah untuk bunda yang ingin buat untuk keluarga tercinta bisa intip resepnya dibawah ini yah..selamat mencoba



Bahan: 

  • Daging sapi 1/2 kg 
  • Bawang putih 4 siung 
  • Bawang merah 5 siung 
  • Cabe rawit sesuai selera, aku sih pake segenggaman sedang 
  • Tomat 1 yg kecil, klo yg besar pake 1/2 aja 
  • Minyak makan 
  • Gula 1/2 sdt 
  • Garam 

Cara Membuatnya: 

  1. Siapkan panci berisi air, masukkan daging sapi yang sudah dipotong2 tipis, masukkan bawang putih 2 siung yang sudah digeprek, lalu rebus hingga empuk, kira-kira 1 sampai 2 jam. 
  2. Setelah empuk daging boleh diangkat, tiriskan kalau masih ada airnya.
  3. Siapkan wajan berisi minyak lalu goreng daging hingga warnanya jadi kehitaman. 
  4. Sekarang kita bikin sambelnya. 
  5. Blender bawang merah, bawang putih, cabe rawit, tomat, jgn terlalu halus ya ngeblendernya. 
  6. Panaskan minyak di wajan, masukkan bahan ynag tadi di blender, jangan lupa tambahkan gula dan garam sesuai selera. 
  7. Bila sambel udah matang matikan api, masukkan daging, aduk sampai merata dan dendeng cabe rawit siap dihidangkan. koreksi rasa Selamat mencoba.


by @dewideewii

Es Dawet HomeMade Yang Menyehatkan by Novane Perdana

Es dawet adalah salah satu jajanan tadisional yang sampai sekarang masih ada, es dawet ini bisa disajikan hangat atau dingin tergantung selera masing-masing. Kali ini kami akan berbagi resep es dawet yang bisa anda buat dirumah untuk si buah hati selain rasa dan lebih higenish dari segi kebersihan. Nah untuk membuatnya silahkan intip resepnya dibawah ini yah



Bahan Dawet : 

  • Tepung beras 250 gr 
  • Tepung tapioka 50 gr 
  • Garam sejumput 
  • Daun pandan 5 lembar dihaluskan dengan sedikit air lalu saring ambil sarinya 
  • Air 600 ml 
  • Pewarna makanan warna hijau secukupnya 
  • Air es secukupnya 

Bahan pelengkapnya : 

  • Santan 1000 ml dari 1 butir kelapa 
  • Gula merah 300 gr (untuk tingkat kemanisannya sesuaikan dengan selera masing2) 
  • Garam sejumput 
  • Daun pandan 2 lembar simpulkan 
  • Nangka secukupnya 
  • Cincau secukupnya 
  • Es batu secukupnya 

Cara Membuat Dawet : 

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu,aduk rata hingga tidak ada adonan yang bergerindil,masak dengan api kecil sampai kalis sambil diaduk2,matikan kompor,
  2. Masukkan kedalam cetakan,tekan sambil ditampung masuk kedalam wadah yg telah berisi air es,ulangi hingga habis,siap untuk digunakan. 

Penyelesaiannya : 

  • Rebus santan,gula merah,garam dan daun pandan hingga mendidih sambil diaduk2,angkat,saring,sisihkan hingga dingin.Tata diwadah,masukkan dawet,nangka,cincau,santan gula merah,es batu,aduk rata,sajikan. 
  • Catatan : cetak dawet selagi panas,jangan tunggu hingga dingin,karena akan susah mencetaknya,gunakan air es yang benar2 dingin,atau bisa juga airnya dicampur dengan es batu,kalau tidak ada cetakan bisa juga menggunakan plastik segitiga lalu gunting ujungnya.

Chiffon Cake Ketan Hitam Yang Lembut

Chiffon Cake Ketan Hitam ini sangat cocok disajikan dengan secangkir teh hangat saat bersantai. Ada yang ingin membuatnya juga? Yuk intip resepnya kemudiansiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan lalu paraktekkan, selamat mencoba dan berkreatifitas yah...



Bahan yang dibutuhkan 

  • 6 kuning telur 
  • 20 gr gula pasir halus 
  • 1/4 sdt garam 
  • 75 ml minyak sayur 
  • 100 ml santan (1 bungkus kara 65ml + tambah air sampai 100 ml) 
  • 100 gr tepung ketan 
  • 50 gr terigu protein rendah (kunci biru) 
  • 1/2 sdt baking powder . 
  • 6 putih telur 
  • 130 gr gula pasir halus . 

Langkah Cara Membuat

  1. Kocok kuning telur , gula pasir halus, & garam pakai whisk sampai pucat dan gula larut.. Kemudian masukan minyak & santan kocok lagi sampai rata 
  2. Masukan tepung terigu & baking powder yg sudah d ayak.. Kocok lagi pakai whisk jangan terlalu kuat ngocok nya... Sampai terlihat licin rata & tidak bergerindil, Sisihkan 
  3. Mixer putih telur sampai berbusa, kemudian masukan gula pasir halus bertahap 3 kali jngan langsung tuang semuanya... Kocok sampai kaku (stiff peak) 
  4. Ambil pakai spatula sebagian putih telur.. Tuang ke adonan pasta... Aduk pakai whisk dengan arah memutar perlahan sampai rata.. Ambil lagi sebagian putih telur tuang k adonan pasta, aduk pakai whis lagi dgn arah memutar perlahan sampai rata.. Kemudian tuangkan ke wadah sisa putih telur yg td... aduk balik sampai rata 
  5. Tuang ke loyang khusus chiffon, tanpa d oles apapun.. 
  6. Panggang di suhu 160°c sampai matang sesuaikan oven masing².. Sy 65 menit 
  7. Setelah matang langsung balikan/tangkupkan loyang , sy pake bantuan leher botol sirup abc ??., tunggu smpai dingin.. 
  8. Setelah dingin.. Sisir sekeliling loyang dengan pisau.. Keluarkan cake pelan².. Siap d nikmati..



By @dianfaizin17

Resep Cara Membuat Batok Ikan Teri Pete

Untuk yang tinggal di pulau jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan menu yg satu ini. Botok dengan bahan dasar kelapa muda parut, teri, disandingan dengan daun melinjo,hmmmm dgn rasa gurih pedes yg menggugah selera. Nah untuk membuatnya ada yang perlu kita siapkan dulu bunda, berikut bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat batok teri pete ini.



Bahan: 

  • 1 Buah kelapa muda,parut sisihkan 
  • 250 gram Petai cina/lamtorogung 
  • 250 gram daun melinjo muda iris halus. 
  • 1 ons Ikan teri 
  • Daun salam 2 buah 
  • Cabe merah iris serong tipis. 
  • Daun pisang untuk membungkus 
  • Tusuk gigi untuk menjepit 

Bumbu Halus: 

  • 10 buah cabai merah kriting 
  • 12 buah Cabai rawit merah 
  • 8 siung Bawang merah 
  • 6 siung Bawang putih 
  • 1 ruas jari,Kencur 
  • Garam secukupnya 
  • Penyedap rasa secukupnya 

Cara Membuatnya 

  1. Campur ampas kelapa dengan semua bumbu halus, masukkan juga petai cina, daun melinjo dan cabe merah iris beserta ikan teri,aduk sampai tercampur rata.icip,juga sudah pas rasanya.kita bungkus. 
  2. Ambil daun pisang,alas dengan 1 lembar daun salam sebelum kita isi dengan adonan diatas kira-kira 3 - 4 sdm,atau sesuai selera.kemudian semat dengan tusuk gigi.lakukan sampai adonan habis. 
  3. Kukus adonan yang sudah di bungkus diatas -+ 1 jam/sampai matang.angkat dan siap di sajikan . 


Selamat mencoba Resep Leluhur ya, @PenyiarMahaL

Resep Bakwan Bayam Gurih Yang Lezat

Sekilas tentang bakwan yang ada dipikiran kita adalah kol, tauge, wortel Nah pada kesempatan kali ini kita membuat bakwan yang agak unik sedikit. Kita buat bakwan bayam dan labu siam, Hmm gimana yah rasanya. Untuk lebih jelasnya silahkan intip resepnya dibawah ini yah bunda.

..
Bahan yang dibutuhkan:
1 ikat daun bayam diris kecil
1 buah labu Siam dipotong kecil
1 telur ayam
1/2 sdt lada bubuk
150 tepung bumbu serbaguna sasa
50 gr tepung terigu
Air putih secukupnya
Garam Secukupnya
Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat:
Campur bayam dan labu Siam beri telur,garam dan lada bubuk beri sedikit air.aduk rata.
Tuang tepung terigu dan tepung bumbu serbaguna sedikit 2 sambil diaduk.
Goreng diminyak yang panas sampai kekuningan dan matang.angkat dan tiriskan.

Selamat mempraktekkan resepnya semoga bermanfaat
Sumber Almer_syaky

Contact Me

Name

Email *

Message *