Resep Cara Membuat Pisang Molen dengan Puff Pastry Instan

Siang bunda kali ini kami akan membagikan resep pisang molen dengan Puff Pastry Instan. Puff Pastry ini bisa anda dapatkan disupermarket terdekat. Untuk membuatnya anda bisa intip resepnya dibawah ini lalu praktekkan deh. Pisang molen yang satu ini lebih cruncy dari molen yang lainya. Lebih jelasnya anda bisa intip resepnya dibawah ini lalu praktekkan deh, Selamat mencoba resepnya yah.


Bahan:
  • 4 lembar puff pastry ukuran 20 x 20 cm  (saya menggunakan 1 pack puff pastry merk Edo)
  • 8 buah pisang raja kuning, potong menjadi 2 bagian (+ 4 cm), bisa menggunakan pisang tanduk, kepok kuning, uli.
  • chocolate blok secukupnya, serut kasar (bisa menggunakan choco chips atau coklat meses)
  • 1 kotak keju cheddar atau yang mudah meleleh, potong kotak sepanjang 4 cm
  • gula pasir untuk taburan
Olesan:
  • 2 kuning telur
  • 2 tetes pewarna kuning
  • 1 sendok teh minyak goreng
  • 1 sendok teh air
Cara Membuat:
  1. Siapkan semua bahan. Potong-potong keju sepanjang 4 x 1/2 cm atau sesuai selera. Jika anda menggunakan pisang raja, gunakan dalam kondisi mentah karena pisang raja mudah masak dan layu kala dipanggang. Jika anda menggunakan pisang tanduk atau kepok kuning, kukus sebentar agar matang.
  2. Siapkan loyang, anda bisa menggunakan loyang untuk memanggang kue kering. Alasi dengan kertas baking, sisihkan. Panaskan oven, set disuhu 175'C. Letakkan rak pemanggang di bagian bawah. Gunakan api atas bawah.  
  3. Siapkan puff pastry siap pakai, diamkan di suhu ruang selama 20 menit agar lemas. Taburkan meja kerja anda dengan tepung terigu. Bentangkan puff pastry di atasnya. Bentuk puff pastry panjang dan terlipat-lipat dalam 4 bagian. Potong-potong sehingga anda mendapatkan 4 lembar puff pastry dengan ukuran 20 x 20 cm.
  4. Ambil selembar puff pastry, potong menjadi 4 bagian, masing-masing berukuran 10 x 10 cm.
  5. Ambil selembar adonan, gilas dengan kayu penggilas hingga menjadi lebih lebar (ini untuk memudahkan anda mengisi dan melipatnya). Jika anda lihat gambar di atas, saya menampilkan dua buah lembaran puff pastry sebelum dan sesudah digilas, jadi jangan menggilasnya terlalu lebar dan terlalu tipis juga.
  6. Letakkan satu potong pisang, sepotong keju, dan sejumput serutan coklat blok, taburkan seujung sendok teh gula pasir.
  7. Lipat bagian kiri dan kanan adonan sehingga isi tertutup dengan baik, tekan agar adonan menempel kemudian tekuk bagian atas dan bawahnya sehingga isi berada di dalam adonan. Tekan hingga adonan rapat. Tata molen di atas loyang yang telah disiapkan dengan posisi tekukan adonan berada di bawah. Beri jarak antar molen karena nanti setelah dipanggang molen akan mengembang.
  8. Olesi permukaannya dengan kocokan telur dan panggang di oven dengan suhu 175'C selama 40 menit, hingga molen mengembang, permukaannya tampak pecah-pecah dan mengelupas serta berwarna kuning kecoklatan.
Note:
  • Bagian bawah molen yang terlipat merupakan bagian yang lama untuk matang terpanggang, jadi pastikan anda memperhatikan apakah bagian bawahnya sudah terlihat kecoklatan atau belum. Jika oven anda pendek seperti oven yang saya gunakan, saya meletakkan rak di bagian paling bawah agar semua bagian molen matang sempurna.
  • Keluarkan dari oven, biarkan mendingin di loyang agar molen mengeras. Siap disantap.
Untuk 16 buah pisang molen
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait