Resep Cara Membuat Kue Kamir Original

Ada yang hobby dengan kue tradisional yang satu ini? apalagi kalau bukan kue kamir. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan resep cara membuat kue kamir yang bisa dan mudah untuk anda praktekkan dirumah. Nah untuk membuatnya yuk intip resepnya dibawah ini lalu siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah cara membuatnya. Happy cooking Mom.


Bahan:
  • 350 gram tepung terigu protein tinggi atau serba guna (saya pakai Segitiga Biru), resep asli 500 gram
  • 180 gram gula pasir (resep asli 250 gram)
  • 250 gram tape singkong
  • 100 gram pisang ambon(1 buah pisang), resep asli tidak memakai pisang
  • 100 gram margarin, cairkan
  • 1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
  • 1/2 sendok makan soda kue, cairkan dengan 2 sendok makan air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 400 ml susu cair  (resep asli menggunakan air biasa)
  • Margarine atau minyak goreng untuk mengoles pan/penggorengan datar
Cara Membuat:
1 hari sebelumnya, di malam hari sebelum tidur

  1. Siapkan mangkuk besar, masukkan tape yang telah dibersihkan dari serat dan sumbunya. Tambahkan pisang dan gula pasir. Remas-remas menggunakan kelima jari tangan anda hingga menjadi adonan yang smooth dan halus.
  2. Masukkan tepung terigu ke dalamnya, aduk perlahan dengan ujung-ujung jari hingga tercampur merata. 
  3. Masukkan garam, baking soda yang telah dicairkan, margarine cair yang telah dingin, dan telur kocok ke dalam adonan tepung. Tambahkan 1/2 porsi susu cair, kemudian aduk adonan dengan jari-jari terbentang lurus (bukan menekuk), hingga tercampur rata. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga adonan memiliki kekentalan yang pas, jangan terlalu encer agar tidak luber kemana-mana saat di panggang di teflon dan jangan terlalu pekat agar kue tidak keras dan bantet.
  4. Pukul-pukul adonan dengan telapak dan jari-jari tangan, kira-kira 10 15 menit, hingga terkadang tampak gelembung udara besar terperangkap di dalamnya dan mengempis. Anda bisa mengenalinya dari bunyi yang keluar dari adonan yang kental dan pekat.
  5. Tutup mangkuk dengan kain bersih atau plastic wrap atau penutup apapun. Masukkan adonan ke dalam kulkas dan biarkan semalaman. Jadi sekarang saatnya anda tidur dan beristirahat.
Keesokan paginya
  1. Panaskan teflon atau cetakan kue kamir/cara bikang, jika ada. Olesi dengan margarine pada permukaannya. Tuangkan satu sendok sayur adonan kue ke atas penggorengan panas. Saya menggunakan ice cream scoop untuk menuangkan adonan.
  2. Gunakan api kecil saja saat memanggang adonan. Panggang kue seperti membuat pancake. Ketika bagian dasar terlihat mengeras dan tampak gelembung-gelembung udara muncul di sekeliling kue (bersarang), balikkan kue dengan spatula dan masak sisi sebelahnya. Jangan menekan kue dengan spatula, biarkan kue matang dengan sendirinya agar memiliki bentuk yang fluffy dan tebal.
  3. Jika sisi sebelahnya telah matang, angkat dan lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  4. Adonan kental dan pekat sehingga ketika dipanggang tidak akan meluber kemana-mana. Anda bisa memanggang sekaligus banyak kue dalam satu kali kesempatan, tergantung dari besar kecilnya penggorengan datar yang anda miliki.
  5. Sajikan kue hangat-hangat.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait