Cara Membuat Resep Perkedel Kentang Yang Mantap

Hallo Mom, ada yang hobby dengan perkedel kentang ga yah? Pada kesempatan kali ini kami akan membuat resep perkedel kentang sederhana yang bisa anda praktekkan dan sajikan untuk keluarga tercinta. Untuk membuatnya anda bisa siapkan bahan-bahan dibawah ini lalu ikuti langkah-langkah cara membuatnya. Berikut adalah resepnya yah mom, Happy cooking.


Bahan:
  • 2 buah kentang ukuran besar, kupas, potong kotak ukuran 2 x 2 cm
Bumbu dihaluskan:
  • 3 siung bawang putih
  • 1/4 sendok teh merica butiran
  • 2 sendok teh garam 
Bahan lainnya:
  • 2 batang daun seledri, dirajang halus
  • 2 sendok makan bawang merah goreng (saya tidak pakai)
  • 1 butir telur untuk mencelup perkedel, kocok lepas
Cara Membuat:
  1. Siapkan wajan, beri dan panaskan minyak agak banyak. Goreng potongan kentang hingga matang. Untuk mengetahui apakah kentang telah matang, maka tusukkan ujung pisau ke kentang, jika pisau melesak dengan mudah maka kentang telah matang. Tidak perlu menggoreng kentang hingga kering karena akan menyulitkan ketika menumbuknya.
  2. Siapkan cobek, haluskan kentang hingga lumat tetapi jaga jangan sampai kentang terlalu halus seperti lem, karena terlalu lama menumbuk akan membuat kentang berubah menjadi lembek dan lengket seperti lem.
  3. Tuangkan kentang tumbuk ke mangkuk, masukkan semua bumbu lainnya dan daun seledri. Aduk rata. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asinnya.
  4. Bentuk adonan menjadi piringan bulat agak pipih dengan diameter + 3 cm atau tergantung selera anda. Tata bulatan perkedel di wadah datar dan bentuk semua adonan hingga habis.
  5. Siapkan telur kocok di mangkuk, celupkan perkedel di kocokan telur. Goreng dalam minyak panas hingga permukaanya kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Tips
Agar perkedel tidak hancur adalah jangan goreng terlalu banyak dalam satu penggorengan dan jangan dibalik-balik selama perkedel digoreng. Jadi pastikan perkedel matang dan kering disatu sisi baru dibalik dan digoreng sisi lainnya. Siap disantap! 

Untuk 20 buah perkedel ukuran kecil, diameter 3 cm
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait