Resep Kue Kering Kismis Dengan Choco Chips

Hai-hai kali ini kami akan membagikan resep kue kering kismis dengan choco chips yang bisa anda praktekkan dan sajikan sebagai menu dihari yang fitri. Nah untuk membuat kue kering ini bisa anda siapkan bahan-bahan dibawah ini lalu ikuti langkah cara membuatnya, Selamat mempraktekkan yah bunda and Happy cooking Mom.


Bahan:
  • 240 gram mentega atau margarine (saya sarankan mentega)
  • 200 gram gula pasir
  • 2 butir telur suhu ruang
  • 2 sendok teh vanila ekstrak
  • 260 gram tepung terigu protein rendah
  • 1/2 sendok teh baking powder double acting
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam, skip jika anda telah menggunakan mentega jenis salted butter
  • 300 gram chococolate chips
  • 400 gram campuran buah kering (saya menggunakan kismis dan cranberry), cincang kasar
Cara Membuat:
  1. Siapkan oven, set disuhu 170'C api atas bawah. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang datar untuk memanggang kue kering. Alasi permukaan loyang dengan kertas baking. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, baking powder, baking soda dan garam, aduk rata. Sisihkan.
  3. Siapkan mikser, masukkan mentega dan gula pasir. Kocok dengan speed sedang hingga lembut, berwarna pucat dan kembang. Tambahkan satu butir telur, lanjutkan mengocok hingga telur tercampur dengan baik kemudian masukkan telur kedua dan kocok hingga menjadi adonan yang smooth. Memasukkan telur satu persatu ke kocokan mentega seperti ini dan memberikan kesempatan telur tercampur dengan baik sebelum memasukkan telur berikutnya akan mencegah adonan mentega menjadi pecah dan bergerindil.
  4. Masukkan vanilla ekstrak, kocok sebentar hingga tercampur baik.  Matikan mikser dan tuangkan adonan ke wadah lainnya. Masukkan tepung terigu ke dalam kocokan mentega+gula dengan cara diayak, aduk dengan spatula secara perlahan hingga tercampur baik.
  5. Tambahkan buah kering dan choco chips, aduk rata dengan perlahan. Jangan over mixing, jika adonan sudah tercampur baik segera hentikan mengaduk. Over mixing akan menyebabkan kue menjadi keras.
  6. Masukkan adonan ke dalam kulkas selama 15 menit, tujuannya supaya adonan mengeras sehingga mudah dicetak dengan sendok dan mencegah adonan meleber ketika dipanggang.
  7. Ambil adonan menggunakan sendok teh, jatuhkan ke loyang. Beri jarak antar adonan agar ketika kue melebar tidak saling bersentuhan satu dengan lainnya.
  8. Menggunakan ujung jari yang dicelup dengan air, rapikan bentuk adonan agar membulat. Sedikit tekan permukaannya agar adonan menjadi agak pipih. 
  9. Panggang kue selama 25 30 menit hingga permukaannya mengeras, berwarna kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, diamkan hingga kue mendingin di loyang.
  10. Simpan kue di wadah yang tertutup rapat agar tetap renyah
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait