Resep Cara Membuat Siomay Ikan Paling Mudah

Siomay merupakan nama jenis makanan dari keluarga dim sum yang diserap dari bahasa mandarin berupa shaomai. Makanan bernuansa cina ini banyak kita temui sebagai jajanan nikmat sederhana dengan bandrolan harga cukup bersahabat. Siomay biasanya diduetkan dengan batagor yang merupakan jajanan dengan pelengkap bumbu yang sama yaitu saus kacang. Kedua jajanan ini sama-sama dibuat dengan komposisi balutan kulit pangsit dan campuran tepung kanji. Perbedaannya terletak pada campuran bahan lain yang digunakan pada pembuatan siomay dan batagor. Jika pada siomay menggunakan campuran daging ayam dan ikan tenggiri halus, maka pada batagor menggunakan potongan tahu goreng. Selain itu batagor juga diproses dengan melewati tahap penggorengan sedangkan siomay diproses dengan melewati tahap pengukusan. Irisan timun biasanya menjadi pelengkap dalam sajian batagor sedangkan pada siomay biasanay menambahkan kukusan wortel, kol, kentang dan telur rebus. Bagi anda yang ingin berkreasi membuat jajanan siomay di rumah, berikut kami hadirkan resep cara membuat siomay ikan paling mudah selengkap.



Bahan:
  • Ikan tenggiri ½ kg
  • Daging ayam 200 gr
  • Air es 350 cc
  • Tepung kanji 150 gr
  • Telur ayam 2 butir
  • Garam, gula pasir, merica, dan penyedap secukupnya
  • Bawang daun secukupnya
  • Kulit pangsit secukupnya
  • Wortel, kol, kentang, telur rebus, tahu putih kukus secukupnya, untuk pelengkap
Cara Membuat:
  1. Siapkan food processor untuk menghaluskan daging dan ikan.
  2. Tuangkan daging ayam dan ikan tenggiri ke dalam food processor lalu tambahkan dengan air. Giling hingga menjadi halus.
  3. Kemudian tambahkan kembali daging ayam dan ikan tenggiri yang sudah digiling halus dengan tepung kanji, telur ayam, garam, gula pasir, merica dan penyedap. Aduk merata.
  4. Siapkan kulit pangsit lalu bungkus rapih adonan siomay ikan di atas dengan menggunakan kulit pangsit. Bentuk dengan tampilan merekah seperti bunga atau sesuai selera anda.
  5. Supaya siomay ikannya variatif, biarkan sebagian adonan dibentuk tanpa pembungkus kulit pangsit.
  6. Masukkan semua adonan siomay yang sudah dibentuk ke dalam loyang yang sebelumnya telah diberi olesan minyak lalu kukus matang. Angkat.
  7. Iris-iris siomay ikan yang sudah dikukus matang di atas piring lalu sajikan bersama irisan wortel kukus, gulungan kol kukus, kentang kukus, potongan telur ayam rebus, tahu putih kuku dan siraman saus kacang, perasan air jeruk nipis serta sambal dan pelengkap lain kesukaan anda.
reseputama.com
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait