Resep Cara Membuat Ikan Mas Goreng Kering Renyah

Kali ini kami akan menyajikan resep ikan mas goreng kering yang renyah, bisa anda sajikan dengan sayur asam dan sambal jeruk untuk santap siang nantinya bunda, Untuk membuatnya anda bisa intip resepnya dibawah ini kemudian ikuti langkah dan cara membuatnya. Berikut adalah resepnya, selamat mempraktekkan bunda semoga resepnya bermanfaat.


Bahan:
  • 4 ekor ikan mas ukuran sedang
  • Minyak untuk menggoreng
  • 1 sdm margarin
Bumbu Ikan Goreng yang Dihaluskan:
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt ketumbar 1 ruas kunyit
  • 4 siung bawang putih
  • Penyedap rasa secukupnya
Bahan Pelengkap:
  • Sambal jeruk
  • Lalapan
Cara Membersihkan Ikan Mas Sebelum Dibumbui:
  1. Hal pertama yag bisa anda lakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu membersihkan ikan mas yang sudah anda persiapkan.
  2. Masukkan ikan mas kedalam wadah atau baskom dan ambil ketempat cuciannya.
  3. Silahkan cuci bersih ikan mas dari mulai dibersihkan sisiknya sampai dengan membuang insang dibagian kepala ikan hingga bersih secara keseluruhan.
  4. Selanjutnya, setelah semua bagian ikan dibersihkan dengan baik, sekarang silahkan belah ikan dari mulai bagian ekor hingga kekepala sehingg ikan membentuk lebar terbelah dua.
  5. Setelah itu, cuci kembali ikan yang telah dibersihkan hingga benar-benar bersih secara merata.
  6. Lalu sisihkan sementara sebelum kita siapkan bumbunya dan akan kita lumuri tubuh ikan dengan bumbu tersebut.
Cara Membumbui Ikan Goreng:
  1. Pertama-tama, hal yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan menghaluskan bumbu yang harus dihaluskan dengan menggunakan ulekan dan cobek dan pastikan jika bumbu yang dihaluskan teksturnya benar-benar halus secara merata.
  2. Setelah itu, lumuri semua agian ikan dengan bumbu halus ini hingga semua bagian ikan terlumuri secara merata dengan bumbu halus yang sudah anda buat.
  3. Selesai dilumuri dnegan bumbu halus, biarkan ikan dalam wadah selama kurang lebih 20-25 menit sampai bumbu benar-benar meresap kedalamnya.
  4. Setelah waktunya tiba, kita panaskan minyak dalam wajan tunggu hingga minyak benar-benar panas secara merata dan masukkan ikan kedalamnya, lalu goreng hingga ikan benar-benar renyah dan kering. Kunci utama untuk mendapatkan ikan dengan tekstur yang garing atau kering, tergantung pada seberapa banyak minyak yang anda gunakan. Semakin ikan yang digoreng terendam dengan minyak, maka semakin kering teksturnya. Untuk itu, silahkan siapkan minyak dan usahakan ikan yang anda goreng terendam dengan minyak panas pada wajan.
  5. Setelah ikan matangdan garing, silahkan angkat dari penggorengan dan tiriskan minyaknya. Selagi masih ditiriskan, olesi bagian permukaan ikan dengan menggunakan margarin untuk memunculkan rasa gurih yang sedap pada ikan mas yang anda goreng.



Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait