Resep Cara Membuat Kue Tradisional Rengginang

Makanan tradisional yang satu ini adalah Rangginang yang renyah dan gurih. Rangginang ini sudah banyak di konsumsi banyak orang dari jaman dulu hingga sekarang. Rangginang ini biasanya ada di acara-acara syukuran, nikahan, dan acara lainnya. Rangginang ini sanggat cocok sekali sebagai cemilan atau bisa untuk menemani anda di saat makan makanan berkuah seperti sayur sop, bakso, mie ayam dan anda jadikan rangginang ini sebagai pengganti krupuk yang sama gurih serta renyahnya. Untuk rangginang ada beberapa macam rasa. Untuk resep kali ini akan di bahas adalah rasa yang gurih serta renyah. Berikut ini adalah bahan dan resepnya.


Bahan :
  • Beras ketan 250 gr
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Air 100 ml
Bumbu yang di haluskan :
  • Bawang putih 2 pcs
  • Terasi bakar 1 sendok teh
Cara Membuat :
  1. Pertama anda kukus beras ketan yang sudah anda rendam sebelumnya. Kukus beras ketan selama 15 mnt, sisihkan
  2. Lalu anda campurkan bumbu yang halus, gula pasir, garam, serta air. Aduk hingga rata dan rebus sampai mendidih, lalu masukan beras ketan dan aduk hingga bumbu meresap.
  3. Anda kukus sampai matang, kemudian anda bentuk bulatan atau sesuai selera anda. Dan anda letakan di atas lampah lalu rangginang anda jemur.
  4. Setelah kering, anda bisa bolak balik ranginang hingga benar-benar kering. Lalu anda siapkan wajan dan anda panaskan minyak, lalu rangginang goreng hingga matang angkat dan sisihkan
  5. Rangginang siap di sajikan

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait